Wednesday 1 July 2015

Buah Masa Kecil

Teringat Masa kecil yang begitu indah, kenangan yang begitu banyak. Jika saya ceritakan semua kenangan masa kecil di sini mungkin tidak akan selesai selesai, hehe. Moment yang aku ingat dimana aku selalu bermain dengan teman teman kampungku. Berpetualang adalah hoby aku. Berpetualang mencari tumbuhan di semak semak adalah keseharian hidup kecil aku kala itu. Tumbuhan di semak semak adalah buruan aku dan teman teman kecil aku. Kata orang orang di kampung saya tinggal, kampung Pakamban Sumenep Madura menyebut tumbuhan ini "Nyornyoran" atau lebih di kenal dengan "Ciplukan". Waktu kecil aku sering mengumpulkan Ciplukan (Nyornyoran) ini dari semak semak tempat saya bermain.

Tumbuhan ini merupakan semak semusim yang tergolong tanaman liar. Tanaman liar ini berbunga warna kuning, buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih muda, tetapi bila sudah tua berwarna coklat dengan rasa asam manis. Buah Ciplukan (Nyornyoran) ini di lindungi cangkap (kerudung penutup buah).
Tidak hanya itu saja, Petualanganku tak hanya di semak semak saja. Sungai adalah tempat favorit aku dan teman teman kampung aku. Setelah puas loncat-loncat , menyelam di sungai, tibalah saatnya berburu buah satu ini lagi, Buah Bidara, ya buah itulah yang jadi buruan aku dan teman teman tiap hari, karna memang kebetulan pohon ini berada di dekat sungai tempat aku tinggal.

Pohon Bidara ini di kampung saya tinggal 'Madura' di kenal dengan nama "Bukkol". Pohon ini memiliki duri dan buahnya berwarna hijau saat muda, bila sudah berwarna kuning, itu artinya sudah agak matang. naaa bila sudah berwarna merah, warna inilah yg sering jadi rebutan dengan teman teman lain, karna warna merah lah yang paling matang. dan rasanya paling enak. Buah ini sangat lezat di mulut aku dan teman teman kala itu. Bisa di bilang tiap hari pohon inilah yang menjadi buruan aku dan teman teman kecilku.
Bertahun tahun sudah, aku tak lagi merasakan enaknya buah ini lagi. Yaaa... bisa di bilang aku hanya menikmati buah ini kala aku kecil saja. Entahlah pohon ini masih ada atau tidak, karena memang aku sudah tak lagi berpetualangan seperti kecil dulu lagi (hihi)

Ada lagi ... Buah yang tak lagi aku jumpai setelah aku beranjak dewasa, rasanya kangen sekali dengan buah satu ini. Biasanya buah ini aku makan sama petis, rasa asam dan kecutnya itu lho bikin ngiler .... 

Tiap pulang sekolah SD, Tiap hari aku slalu tidak lupa mampir ke rumah teman aku, yaa hanya mintah buah ini karna kebetulan pekarangan rumah temenku banyak pohon ini. 

Cermai, yaaa cermai. Pasti tau kan? 
Tapi aku nyebut buah ini "Cermih" karna memang aku orang madura. Cermai ini adalah salah satu jenis buah buahan yang berasa manis bercampur asam kecut, sehingga enak sekali bila di rujak dengan petis. 

Yaa itulah beberapa tumbuhan liar dan pohon masa aku kecil, yang sekarang sudah tak lagi aku jumpai.

Pohon Cermai


0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources