Monday 29 June 2015

Rengginang Prenduan Sumenep

Rengginang lorjuk khas dari pulau penghasil garam. Lorjuk adalah Mollusca bercangkang ganda/kerang, biasa di sebut dengan kerang bambu. Camilan yang terkenal gurih dan enak ini susah sangat akrab di kalangan masyarakat madura. 

Rengginanag Lorjuk memang asli karya masyarakat pulau madura, tepatnya di kota sumenep, Desa Prenduan. jika anda pergi ke pulau Madura ke ujingvpaling timur, sebelum anda berjumpa dengan kota ukir karduluk, anda akan berjumpa dengan kota Rengginang (hehe). Sepanjang perjalanan anda di prenduan, anda akan di sugihi pemandangan penjual rengginang. Tidak hanya itu saja, anda juga akan melihat rengginang dalam proses pengeringan. Karna memang proses pengeringan ini di lakukan secara alami, yaitu dengan menjemur rengginang di terik panasnya matahari yang di letakkan di pinggir jalan raya Desa Prenduan. Pembentukan rengginangpun dengan masih dengan manual, yang menggunakan cetakan bulat, dan dipipihkan menggunakan jari. 

Dengan berjalannya usaha, rengginang yang di produksi tidak hanya rengginang lorjuk, melainkan banyak pilihan rasa,  dari mulai rengginang udang hingga rengginang berwarna warni, rengginang yang memiliki rasa beda, yaitu rasa manis. Mulai berwarna merah, hijau, kuning, coklat hingga hitam. 

Kini penikmat rengginang tidak hanya dari masyarakat pulau madura saja, melainkan kota kota besar lainnya juga sudah dapat menikmati gurih dan mantapnya rengginang Prenduan Sumenep ini.


0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources