Sunday 28 June 2015

Gula Merah Khas Madura

Banyak Jenis Gula Merah, di antaranya gula merah yang terbuat dari nira (legen) siwalan, kelapa, aren dan tebu. Kali ini saya ingin membahas tentang gula merah yang terbuat dari nira siwalan. Gula merah yang terbuat dari nira siwalan memiliki kualitas yang lebih bagus dari yang lain. Hanya saja pohon siwalan ini tidaklah banyak tersebar di indonesia. Di Madura Pohon siwalan banyak terdapat di kota sumenep tepatnya di Kecamatan Pragaan, Desa Sarkojuk. Bahan Baku yang terbatas dan kualitas yang tinggi menjadikan harga gula mera siwalan lebih mahal dari gula yang lain. Gula merah yang terbuat dari air nira (legen) alami yang di produksi secara manual akan menghasilkan gula merah siwalan inu menjadi lebih harum dan gurih. Di Sumenep Jawa Timur Tepatnya di Kecamatan Pragaan, Desa Sarkojuk terkenal akan gula merah siwalan. Terkenal kaya akan pohon siwalannya. Dengan kekayaan pohon siwalan lantas penduduk sana tak hanya memanfaatkan legen sebagai bahan utama pembuatan gula merah. Selain legen yang dapat di jadikan gula merah, buah siwalannya pun dapat di jual. begitu pula daunnya, kata orang madura (Rakara) Rakara ini juga dapat menghasilkan uang, Dengan Di jadikan anyaman yang akan menjadi tikar. Banyak bukan hasil uang dari pohon siwalan ini, ya salah satunya hasil terbanyak gula merah ini.

Gula merah siwalan terbuat dari sadapan air mayang (nira) pohon siwalan. Dalam bahasa setempat, nira siwalan ini disebut “legen”. Legen segar biasa diminum langsung atau dinikmati dengan tambahan es batu. Rasanya manis menyegarkan. Akan tetapi, legen cepat sekali basi. Kesegarannya hanya bisa bertahan satu hari. Lebih dari itu, legen mengalami fermentasi, menjadi lebih kecut. Kandungan gula pada legen berubah menjadi cuka dan alkohol. Makin lama terfermentasi, makin tinggi kandungan alkoholnya. Dalam bahasa setempat, legen yang telah basi disebut “tuak”. Karena mengandung banyak alkohol, tuak bisa memabukkan. Yang dipakai sebagai bahan baku gula merah hanya legen yang masih segar. Jika yang digunakan adalah legen basi, mutu gula yang dihasilkan tidak akan bagus. Proses pembuatan gula merah siwalan tidak berbeda jauh dari pembuatan gula merah aren maupun gula merah kelapa. Nira siwalan (legen) direbus di dalam panci sampai kental dan warnanya menjadi kecokelatan. Untuk mengukur kekentalannya, biasanya legen direbus hingga volumenya tersisa seperempatnya saja. Cairan kental ini bisa langsung dijual sebagai sirup gula siwalan. Biasanya dijual dalam kemasan air mineral. Untuk dijadikan sebagai gula merah, cairan kental ini masih harus direbus lagi sambil terus diaduk-aduk sampai menjadi sangat kental. Butuh waktu sekitar satu jam sampai cairan sirup siwalan siap masuk cetakan. Cetakan yang dipakai bisa terbuat dari plastik, atau dari anyaman daun siwalannya itu sendiri (rakara).

Pohon Siwalan
Pohon Siwalan
Pohon Siwalan

Buah Siwalan
Buah Siwalan
Buah Siwalan

Bagi Anda penderita diabetes, gula jawa, khususnya gula jawa siwalan bisa jadi alternatif untuk menggantikan gula pasir. Anda bisa mencampurkannya bersama teh, kopi, dawet, atau minuman manis lainnya. Selain karena rasa harum-manisnya yang khas, indeks glikemik gula jawa siwalan adalah 35 (tergolong indeks glikemik rendah), lebih rendah dibanding gula pasir yang memiliki indeks glikemik 58 (tergolong indeks glikemik sedang). Selain itu, gula merah juga memiliki kadar gula rendah yang berpengaruh pada lambatnya penyerapan glukosa. Logikanya, semakin lambat penyerapan kandungan gulanya, energi yang keluar akan semakin sedikit. Tubuh pun jadi tidak mudah lemas. Terlebih lagi gula merah memiliki kandungan zat makro dan mikronutrien seperti garam mineral, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan vitamin C lebih banyak daripada gula pasir. 

Berhati-hati saat membeli gula merah siwalan. Soalnya, tidak jarang pembuat gula merah ini memproduksinya dengan curang, yakni dengan cara menambahkan gula pasir pada saat perebusan. Tujuannya agar diperoleh gula merah yang lebih banyak. Dengan begitu keuntungannya menjadi lebih banyak juga. Untuk membedakan gula jawa siwalan asli dengan yang sudah dicampur gula pasir, tidaklah sulit. Warna cokelat gula jawa siwalan asli pada umumnya agak cerah, tidak begitu gelap.Rasa manisnya tidak begitu kuat tapi harum. Sementara gula campuran sebaliknya, tidak begitu harum tapi rasanya gula pasirnya sangat manis.

Perusahaan kami menyediakan gula merah ASLI dengan jumlah banyak & harga murah. Kami melayani pemesanan di seluruh Indonesia. Gula merah yang kami sediakan berasal dari kelompok tani Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Gula Merah memiliki berbagai manfaat terutama bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, perusahaan kami ada untuk memenuhi kebutuhan anda.

Hubungi Kami dinomer 081334277980

1 comment:

  1. I think your blog is good for the reader and if you do not mind please your blog every day to get a new news feed updates to broaden the reader, thanks
    http://www.sanadomino.com/

    ReplyDelete

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources