Monday 29 June 2015

Dodol Khas Madura



Pohon Siwalan, Yaa ... kali ini saya masih membahas seputar pohon siwalan. Pohon yang banyak sekali kegunaannya. Jika post sebelumnya saya membahas nira siwalan (La'ang) sebagai bahan utama pembuatan gula merah, Kali ini Berbeda. 

Di Sumenep, Kecamatan Pragaan, Tepatnya di bagian utara seperti Pragaan, Sarkojuk Dan Karduluk menjadikan Nira Siwalan (La'ang) Sebagai bahan Utama pembuatan dodol. 

Perlu Di kerahui Nira Siwalan (Legen ''La'ang") ini selain dapat di jadikan bahan utama pembuatan gula merah, Nira siwalan juga dapat dijadikan Dodol. 

Dodol Yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dengan dodol lainnya. Jika dodol lain menggunakan bahan utama seperti Labu Kuning, Nanas, salak, Nangka, Pisang dan Jagung. Untuk Dodol yang satu ini bahan utama menggunkan nira siwalan (La'ang). Bahan Tambahannya Adalah Beras, Beras Ketan, Gula, dan Santan Kelapa. Membutukan waktu cukup lama saat di masak, kurang lebih 4-5 jam. Saat di masak harus terus di aduk ( butuh tenaga extra kuat, he ) Agar bawahnya tidak gosong. Jika sudah keluar minyak itu artinya dodol nira siwalan sudah matang (masak). 

Dodol nira siwalan (La'ang) ini akan bertahan 3-4 hari. Semakin banyak minyak santan yang keluar saat di masak, maka akan semakin lama jangka waktu bertahannya dodol khas madura ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources