Monday 29 June 2015

Bothok Mlanding khas Sumenep

Sayur-mayur memiliki banyak varian yang  bisa dipilih untuk disajikan sebagai menu  makanan, tidak terkecuali yang satu ini, Daun Mlanding atau lebih di kena dengan "petai cina" Tapi di desa Pakamban tempat saya tinggal nama pohon ini adalah "Dunklanding" unik bukan?  ya itulah madura !!! hehe ...




Beda Desa, Juga akan beda cara dalam memasak biji Mlanding. Kalau di desa tempat saya di besarkan, biji malnding ini di jadikan makanan khas yang bernama "bothok mlanding" (bothok klandingan). Bothok Mlanding ini jadi sajian khas Sumenep Desa Pakamban dengan bahan utama biji Mlanding dan parutan kelapa muda.

Masakan dengan cita rasa gurih beraroma sedap dengan rempah rempah dan kelapa ini biasa dijadikan pendamping nasi putih saat bersantap. 
Sarapan, makan siang, atau makan malam tidak jadi soal karena bothok mlanding cocok dimakan kapan pun dengan lauk apapun apalagi jika dipadukan dengan sayur bayam. 

Masakan yang dimasak dengan bungkus daun pisang ini telah banyak berkembang, kadang Bothok tidak hanya menggunakan bahan utama daun mlanding dan kelapa muda saja. bothok juga dibuat dengan bahan campuran seperti tahu/tempe, kerang, daun kemangi, tergantung selera sih. 



0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources