Sunday 28 June 2015

Soto Sumenep Madura

Kabupaten Sumenep ternyata selain memiliki wisata alam yang menarik juga merupakan gudang kuliner yang khas. Soto Madura, Yaaaa ....... siapa yang tidak tau soto madura ? Tentu dari namanya, semua orang sudah tahu daerah asal soto ini, yaitu pulau Madura. Pulau yang terletak di sebelah timur laut provinsi Jawa Timur. Dalam pembuatannya, Soto Madura memiliki reseptersendiri, ya pastinya dong :p . Resep Soto Madura berbeda dengan resep soto yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

Soto Madura memiliki ciri khas sendiri. Yang membedakannya dengan soto lain terletak pada bumbu kemirinya, pelengkapnya yangterdiri dari mie dan telur, bumbunya yang tidakmenggunakan jinten dan kuahnya tidakmenggunakan santan. Dari penampilannya soto ini berwarna kuning bening. Daging ayam biasanya menjadi bahan utama dalam Resep Soto Madura. Tetapi ada juga yang menggunakan daging sapi, tergantung selera masing-masing.

Daging sapi yang baik digunakan adalah daging has dalam yangmemiliki tekstur lembut dan sedikit lemak. Daging jenis ini akan sangat mudah dimasakdan tidak memerlukan waktu yang lama dalam pengolahannya. Tidak hanya daging sapi danayam, jeroan seperti paru, babat, usus, danhati juga sering dijadikan bahan utama. Bahkan ada yang menggabungkan daging sapi dengan jeroannya untuk memperlezat cita rasa sajian berkuah ini. 


Naa .. Menu Buka Puasa Hari Ini Ya Soto Madura ...



0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources